Image of PTK. PTS & PTBK : Teori Dan Aplikasi

Text

PTK. PTS & PTBK : Teori Dan Aplikasi



Buku PTK, PTS Dan PTBK, Penelitian Tindakan Sekolah Dan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling dapat anda dapatkan di toko buku Andi Publisher terdekat di kota anda, atau dibeli melalui website toko buku online kami

Secara konseptual PTK (Penelitian Tindakan Kelas), PTS (Penelitian Tindakan Sekolah), dan PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling) adalah sama. Tekanan perbedaannya terletak pada pelaku/peneliti dan setting penelitiannya.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK), atau Classroom Action Research (CAR), mempunyai tujuan yaitu untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas praktik pembelajaran di kelas secara berkesinambungan, untuk selanjutnya meningkatkan mutu hasil pembelajaran (intruksional), mengembangkan ketrampilan guru, meningkatkan relevansi, meningkatkan efesiensi pengelolaan pembelajaran, serta menumbuhkembangkan budaya meneliti pada komunitas guru.

PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) atau School Action Research (SAR) adalah bentuk kegiatan refleksi diri yang dilakukan oleh para pelaku pendidikan (Pengawas Sekolah dan atau Kepala Sekolah) dalam situasi kependidikan untuk memperbaiki rasionalitas dan keadilan tentang (a) praktik-praktik kependidikan mereka, (b) pemahaman mereka tentang praktik-praktik tersebut, dan (c) situasi dimana praktik praktik tersebut dilaksanakan.

PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling) atau Guidance & Counseling Action Research, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru BK atau Konselor di sekolah atau ruang BK tempat ia bertugas dengan tekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praksis konseling. Untuk memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas praktik konseling secara berkesinambungan sehingga meningkatkan mutu hasil konseling, mengembangkan keterampilan konselor, meningkatkan relevansi, meningkatkan efiseinsi pengelolaan konseling serta menumbuhkan bu¬daya meneliti pada komunitas konselor.

Penelitian Tindakan (Action Research), diperkenalkan pada tahun 1946 oleh ahli psikologi sosial Amerika yang bernama Kurt Lewin. Inti gagasan Kurt Lewin inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh ahli-ahli lain seperti Stephen Kemmis, Robin MC.Taggart, John Elliot, Dave Ebbutt, dan lainnya.

Di dalam bidang pendidikan, penelitian ini dapat dilakukan pada skala makro ataupun mikro. Dalam skalo mikro misalnya dilakukan di dalam kelas (PTK) dan di ruang BK (PTBK). Pada skala makro misalnya kegiatan PTS.

Buku ini patut dimiliki oleh guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah untuk meningkatkan profesionalitasnya. Buku ini berisi panduan teori dan praktik tentang bagaimana menyiapkan, melaksanakan, dan melaporkan hasil PTK, PTS, dan PTBK.


Ketersediaan

US5552370.7 ZAI PTersedia
US5553370.7 ZAI PTersedia
US5554370.7 ZAI PTersedia
US5555370.7 ZAI PTersedia
US5556TENDON 370.7 ZAI PTersedia

Detail Information

Judul Seri
-
No. Panggil
370.7 ZAI P
Penerbit ANDI : YOGYAKARTA.,
Deskripsi Fisik
IV,316HLM.;23CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-01-0054-3
Klasifikasi
370.7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this