Image of HUBUNGAN KEUANGAN ANTARA PEMERINTAH PUSAT DAN DAERAH DI INDONESIA. Edisi Revisi

Text

HUBUNGAN KEUANGAN ANTARA PEMERINTAH PUSAT DAN DAERAH DI INDONESIA. Edisi Revisi



Perkembangan ekonomi daerah yang sangat pesat dan signifikan telah menyebabkan adanya perubahan dalam hubungan keuangan pusat dan daerah. Hal ini ditandai setidaknya dengan perubahan peraturan perudang-undangan yang mendasari eksistensi hubungan keuangan pusat dan daerah.
Hal yang sangat mendasar adalah diubahnya Undang-Undang Nomor 25 tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah menjadi Undang-Undang Nomor 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Berbagai peraturan pelaksanaan terbaru dari UU tersebut juga kemudian dikeluarkan, yaitu PP No. 54 Tahun 2005 tentang Pinjaman Daerah, PP No. 56 Tahun 2005 tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah, dan lain-lain.
Hubungan keuangan yang semula lebih banyak diterjemahkan sebagai 'dana perimbangan' dengan ruang lingkup yang meliputi Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus, saat ini memasuki konteks paradigma baru dalam bentuk "perimbangan keuangan". Pergeseran paradigma tersebut tentunya dapat membawa persoalan-persoalan baru.

Maka untuk mengakomodasi persoalan-persoalan yang akan timbul, dilakukanlah revisi buku ini, yaitu dengan mengakomodasi pertama, berbagai perubahan dalam peraturan perundang-undangan dan kedua, pergeseran fokus perhatian yang tidak semata-mata hanya pada "dana perimbangan", tetapi juga bagian lain dari hubungan daerah, seperti masalah hibah, dana darurat, pinjaman daerah, investasi, dan lain-lain.


Ketersediaan

US07155336.598 AHM HPerpustakaan Universitas SiliwangiTersedia
US07156336.598 AHM HPerpustakaan Universitas SiliwangiTersedia
US07157TANDON 336.598 AHM HPerpustakaan Universitas SiliwangiTersedia - Baca Di Tempat

Detail Information

Judul Seri
-
No. Panggil
336.598 AHM H
Penerbit RAJAWALI PERS : JAKARTA.,
Deskripsi Fisik
XXVI,526HLM.;21
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-421-989-7
Klasifikasi
336.598
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this