Image of EVALUASI PEMBELAJARAN : Prinsip, Teknik dan Prosedur

Text

EVALUASI PEMBELAJARAN : Prinsip, Teknik dan Prosedur



Salah satu komponen penting yang juga merupakan tugas profesional guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Istilah evaluasi ssengaja digunakan oleh penulis untuk membedakannya dengan istilah penilaian. ALasannya pembelajaran sebagai suatu sistem tidak hanya terdiri atas hasil belajar tetapi juga komponen-komponen penting lainnya, seperti guru, strategi, dan emdia. Namun bukan berarti di dalam buku ini tidak digunakan istilah penilaian karena hal tersebut merupakan bagian tak terpisahkan dari evaluasi itu sendiri.

Sebagai bentuk akuntabilitas guru dalam melaksanakan pembelajaran, maka setiap guru dab tenaga kependidikan lainnya harus memahami konsep, prinsip, teknik, dan prosedur evaluasi pembelajaran sehingga hasil evaluasi dapat memberikan kepuasan bagi berbagai pihak. Di lingkungan pendidikan formal, guru juga harus dapat menggunakan berbagai inovasi dab model penilaian yang diamanatkan oleh pemerintah melalui kurikulum berbasis komoetensi tahun 2004, yaitu penilaian berbasis kelas dengan salah satu jenisnya adalah penilaian portofolio.

Hasil evaluasi pembelajaran selaun untuk mengisi buku rapor peserta didik juga dapat dijadikan feedback bagi guru untuk melakukan refleksi pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian setiap saat guru dapat meningkatkan kinerjanya sehingga secara bertahap tapi pasti mutu pendidikan dapat ditingkatkan.


Ketersediaan

US06980371.3 ZAI EPerpustakaan Universitas SiliwangiTersedia
US06981371.3 ZAI EPerpustakaan Universitas SiliwangiTersedia
US06982371.3 ZAI EPerpustakaan Universitas SiliwangiTersedia
US06983371.3 ZAI EPerpustakaan Universitas SiliwangiTersedia
US06984TANDON 371.3 ZAI EPerpustakaan Universitas SiliwangiTersedia - Baca Di Tempat

Detail Information

Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 ZAI E
Penerbit REMAJA ROSDAKARYA : BANDUNG.,
Deskripsi Fisik
VII,312HLM.;24CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-692-956-2
Klasifikasi
.371.3
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this